CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

27 Okt 2015

Bahaya Bangga Karena Amalan



Sayyidi Habib Ali Al-Jufri mengatakan: "Aku bertanya kepada guru ku, Habib Umar bin Hafidz:" Mana Yang lebih berbahaya - menjadi bangga karena amalan / tindakan seseorang atau menjadi bangga dengan pemahaman seseorang"

Habib Umar menjawab (semoga Allah merahmatinya): "Menjadi bangga dengan pemahaman yang kita miliki lebih berbahaya daripada menjadi bangga dengan amalan / tindakan yang telah kita buat, karena pengaruhnya lebih serius. Lihatlah bagaimana jawaban dari Iblis (semoga Allah melindungi kita darinya): 'Aku lebih baik dari dia (Adam) - Engkau ciptakan aku dari api dan Engkau ciptakan dia dari tanah".

Iblis lebih mengandalkan pemahamannya dan tidak menyebutkan amalan / perbuatannya ".
Kebanggaan (`UJUB) berasal dari perasaan yang mengagungkan diri sendiri dan menjadi lalai dan lupa atas anugerah Allah (Tawfiq). Imam al-Ghazali menyebutkan bahwa hal itu adalah lebih halus tapi pengaruh penghancurannya lebih cepat dan besar dari pada kesombongan (riya ').
Semoga Allah menyelamatkan kita dari semua jenis kebanggaan dan kesombongan..

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: