CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

8 Jun 2013

Isra' Mi'raj Sang KekasihNya, Rasulullah SAW



Pada suatu malam Nabi Muhammad saw sedang berbaring di Hijir Ismail bersama bapasaudara  dan sepupu beliau, Sayyiduna Hamzah dan Sayyiduna Jaafar bin Abi Thalib, tiba-tiba datanglah Malaikat Jibril, Mikail, dan Israfil menghampiri beliau lalu membawanya ke arah telaga zamzam.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa malaikat Jibril a.s. membelah dada Nabi Muhammad saw hingga di bawah perut, dan kemudian Jibril a.s. mengeluarkan hati Nabi Muhammad saw lalu menyucinya dengan air zam zam sebanyak tiga kali, lalu didatangkan satu bekas emas dipenuhi hikmah dan keimanan, dan dituangkan ke dalam hati beliau, maka penuhlah hati Nabi Muhammad saw dengan kesabaran, keyakinan, ilmu, dan kepasrahan penuh kepada Allah, lalu ditutupnya kembali oleh Jibril a.s. Setelah itu disiapkan untuk Nabi Muhammad saw binatang buraq berwarna putih lengkap dengan pelana dan kendalinya.

Di dalam Surah Al-Isra’ ayat 1 Allah berfirman, “Maha Suci zat yang telah menjalankan hambaNya (Muhammad) pada waktu sebagian dari malam hari dari masjid Al Haram ke masjid Al Aqsha yang telah Kami beri keberkatan sekelilingnya agar Kami dapat menunjukkan kepadanya sebahgian dari tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah zat Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Dalam perjalanan isra’, malaikat Jibril a.s. menemani di sebelah kanan beliau sambil memegang sanggur di pelana buraq, sedangkan malaikat Mikail di sebelah kiri beliau memegang tali kendalinya.

Di tengah perjalanan, mereka berhenti di suatu tempat yang dipenuhi pohon kurma, lalu Jibril a.s. berseru: “Turunlah disini dan solatlah di tempat ini.” Lalu Jibril a.s. kembali berkata: “Tahukah di mana Baginda solat?” Nabi Muhammad saw menjawab, “Aku tidak tahu,” lalu Jibril a.s. berkata: “Baginda telah solat di Thoybah (nama lain dari Madinah), dan ke sana Anda akan berhijrah.”

Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan secepat kilat dan sejauh pandangan mata. Tiba-tiba Jibril a.s berseru, “Turunlah disini dan solatlah di tempat ini.” Setelah menunaikan solat, Jibril a.s. memberitahu bahwa beliau solat di Madyan, tempat dimana dahulu Nabi Musa a.s. bernaung dibawahnya dan beristirahat ketika dikejar tentara Firaun.

Dalam perjalanan selanjutnya, Nabi Muhammad saw turun dan solat di Thur Sina’, sebuah lembah di Syam, tempat dimana Nabi Musa a.s. berbicara dengan Allah.

Kemudian mereka kembali melanjutkan perjalanan melewati istana-istana Syam, dan beliau turun dan solat di sana. Lalu Jibril a.s. berkata, “Baginda telah solat  di Bait Lahm (Betlehem, Baitul Maqdis) yaitu tempat dilahirkannya Nabi Isa a.s.”

Setelah melanjutkan perjalanan, tiba-tiba Rasulullah saw melihat Ifrit dari bangsa Jin yang mengejar beliau dengan semburan api. Lalu Jibril a.s. memberitahukan doa kepada Rasulullah saw untuk memadamkan apinya dan terbalik kepada wajahnya lalu ia binasa.

Akhirnya, mereka bertemu dengan suatu kaum yang menanam benih pada hari itu dan langsung tumbuh besar dan dituai pada hari itu juga, dan setiap kali dituai kembali seperti awalnya dan begitulah seterusnya. Melihat keanehan ini, Rasulullah saw bertanya, “Wahai Jibril, siapakah mereka itu?” Jibril a.s. menjawab, “Mereka adalah para Mujahid fi sabilillah, orang yang mati syahid di jalan Allah, oleh sebab itu segala kebaikan mereka dilipatgandakan hingga 700 kali.”

Beberapa saat kemudian, Rasulullah saw tercium wangian semerbak, dan  beliau bertanya, “Wahai Jibril, bau wangian apakah ini?” Jibril a.s. menjawab, “Ini adalah wangian dari Masyithah, wanita yang menyisir anak perempuan Firaun dan anak-anaknya.”

Diriwayatkan, Masyitah adalah tukang sikat rambut anak perempuan Raja Firaun, ketika ia melakukan pekerjaannya tiba-tiba sikatnya terjatuh, spontan ia berkata, “Bismillah, celakalah Firaun.” Mendengar ini anak Firaun bertanya, “Apakah kamu memiliki Tuhan selain ayahku?” Masyithah menjawab, “Ya.” Kemudian Masyithah dihadapkan kepada Raja, dan Firaun berkata, “Apakah kamu memiliki Tuhan selain aku?” Masyithah menjawab, “Ya, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” Melihat keteguhan hati Masyithah, maka Firaun memerintahkan agar Masyithah beserta suami dan kedua anaknya dilemparkan ke dalam kuali raksasa dari tembaga yang diisi minyak dan air mendidih.

Di tengah perjalanan, Rasulullah saw juga bertemu dengan sekelompok kaum yang menghantamkan batu besar ke kepala mereka sendiri sampai hancur, setiap kali hancur, kepala yang remuk itu kembali lagi seperti semula dan begitu seterusnya. Jibril a.s. menjelaskan bahawa mereka adalah manusia yang merasa berat untuk melaksanakan kewajiban solat.

Selanjutnya, Nabi Muhammad saw melihat kaum yang pergi berombongan seperti kawanan unta dan kambing yang pergi ke tempat penggembalaan dalam keadaan telanjang. Hanya kemaluan dan dubur mereka saja yang tertutup dengan secarik kain. Mereka makan kayu berduri yang sangat busuk baunya, buah zaqqum yang sangat pahit, dan bara serta batu-batu dari neraka. Jibril a.s. menjelaskan bahwa kaum itu adalah dari umat Nabi Muhammad saw yang tidak mau membayar zakat.

Rasulullah saw juga bertemu sekelompok kaum, di hadapan mereka ada daging yang baik yang sudah masak, sementara di sisi lain ada daging yang mentah lagi busuk, tapi ternyata mereka lebih memilih untuk menyantap daging yang mentah lagi busuk. Jibril a.s. menjelaskan bahawa mereka adalah manusia yang sudah mempunyai isteri yang halal untuknya, tapi dia berzina dengan wanita yang hina, dan begitu pula mereka adalah para wanita yang mempunyai suami yang halal baginya tapi dia mengajak laki-laki lain untuk berzina dengannya.

Dalam lanjutan perjalanan, tiba-tiba seseorang memanggil Nabi Muhammad saw dari arah kanan dan kiri, “Wahai Muhammad, aku meminta kepadamu agar kamu melihat aku,” namun Rasulullah saw tidak memperdulikannya. Kemudian Jibril a.s. menjelaskan bahawa suara dari arah kanan adalah panggilan Yahudi sedangkan dari arah kiri adalah panggilan Nasrani. Seandainya beliau menjawab panggilan itu maka umat beliau akan menjadi Yahudi atau Nasrani.

Setelah itu, tiba-tiba muncul di hadapan beliau seorang wanita dengan segala perhiasan di tangan dan seluruh tubuhnya, ia berkata: “Wahai Muhammad lihatlah kepadaku,” namun Rasulullah saw tidak menoleh kepadanya. Lalu Jibril a.s. berkata, “Wahai Nabi, wanita itu adalah dunia, seandainya anda menjawab panggilannya, maka umatmu akan lebih memilih dunia daripada akhirat.”

Begitu banyak keajaiban dan hikmah yang Rasulullah saw temui dalam perjalanan isra’ dengan Jibril dan Mikail, hingga akhirnya mereka berhenti di Baitul Maqdis (Masjid al Aqsha). Rasulullah saw turun dari buraq lalu mengikatnya pada salah satu sisi pintu masjid.

Kemudian Rasulullah saw masuk ke dalam masjid bersama Jibril a.s. dan melakukan solat dua rakaat. Sekejab mata, masjid telah penuh dengan sekelompok manusia, mereka adalah para Nabi yang diutus oleh Allah. Azan dan iqamah berkumandang, lalu mereka berdiri bersaf-saf menunggu siapakah yang akan menjadi imam mereka. Lalu Jibril a.s. memegang tangan Rasulullah saw dan menyuruh beliau maju menjadi imam untuk solat dua rakaat.

Selesai solat, Rasulullah saw merasa haus, lalu Jibril a.s. membawakan dua wadah berisi khamar dan susu. Rasulullah saw memilih wadah berisi susu dan meminumnya. Jibril a.s. berkata, “Sungguh anda telah memilih fitrah yaitu al Islam, jika anda memilih khamar niscaya umat anda akan menyimpang dan sedikit yang mengikuti syariat Nabi.”

Dalam Surah An-Najm ayat 13-18, “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain. (Yaitu) di Sidratil Muhtaha. Di dekatnya ada syurga tempat tinggal. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahgian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar”.

Maka tibalah saatnya Rasulullah saw melakukan perjalanan mi’raj bersama Jibril a.s. menembus langit untuk berjumpa Sang Khaliq.Ketika Rasulullah saw dan Jibril a.s. sampai di depan pintu langit pertama, berdiri malaikat bernama Ismail. Malaikat Jibril a.s. meminta izin agar pintu langit pertama dibuka. Setelah mengetahui kedatangan Rasulullah saw, malaikat pun menyambut dan memuji beliau dengan berkata, “Selamat datang, semoga keselamatan menyertai anda wahai saudara dan pemimpin, andalah sebaik-baik saudara dan pemimpin serta paling utamanya makhluk yang datang.”

Pada langit pertama, Rasulullah saw bertemu Nabi Adam dengan bentuk dan rupa sebagaimana pertama kali Allah menciptakannya. Nabi saw bersalam kepadanya, Nabi Adam menjawab salam beliau seraya berkata, “Selamat datang wahai anakku yang soleh dan Nabi yang soleh.” Di kedua sisi Nabi Adam a.s.  terdapat dua kelompok, jika melihat ke arah kanannya, beliau tersenyum dan berseri-seri, tapi jika memandang kelompok di sebelah kirinya, beliau menangis dan bersedih. Kemudian Jibril a.s. menjelaskan kepada Rasulullah saw, bahawa kelompok di sebelah kanan Nabi Adam a.s. adalah anak cucunya yang bakal menjadi penghuni surga, sedangkan yang dikirinya adalah calon penghuni neraka.

Kemudian Rasulullah saw melanjutkan perjalanannya di langit pertama ini, tiba-tiba pandangannya tertuju pada kelompok manusia yang dihidangkan daging panggang dan lazat di hadapannya, tapi mereka lebih memilih untuk menyantap bangkai. Ternyata mereka adalah manusia yang suka berzina, meninggalkan yang halal untuk mereka dan mendatangi yang haram.

Kemudian di hadapan Rasulullah saw ternampak suatu kaum dengan perut besar seperti rumah yang penuh dengan ular-ular. Jibril a.s. menjelaskan bahwa mereka adalah manusia yang suka memakan riba. Rasulullah saw juga menemui suatu kaum, daging mereka dipotong-potong lalu dipaksa agar memakannya, lalu dikatakan kepada mereka, “makanlah daging ini sebagaimana kamu memakan daging saudaramu di dunia, yakni menggunjing atau berghibah.”

Setelah itu, Rasulullah saw dan Jibril a.s. naik ke langit kedua dan disambut kedatangannya oleh para malaikat. Di langit kedua, Rasulullah saw bersalam kepada Nabi Isa a.s, dan disambut, “Selamat datang wahai saudaraku yang soleh dan Nabi yang soleh.”

Selanjutnya di langit ketiga, Rasulullah saw bersalam kepada Nabi Yusuf a.s. dan disambut, “Selamat datang wahai saudaraku yang soleh dan Nabi yang soleh.” 

Ketika tiba di langit keempat, Rasulullah saw bersalam kepada Nabi Idris a.s. dan disambut, “Selamat datang wahai saudaraku yang soleh dan Nabi yang soleh.”

Di langit kelima, Rasulullah saw bersalam kepada Nabi Harun a.s. dan disambut, “Selamat datang wahai saudaraku yang soleh dan Nabi yang soleh.” Sampai di langit keenam, Rasulullah saw bersalam kepada Nabi Musa a.s. dan dijawab oleh beliau disertai dengan doa. Setelah itu Nabi Musa a.s. berkata, “Manusia mengaku bahwa aku adalah paling mulia di sisi Allah, padahal dia (Rasulullah saw) lebih mulia di sisi Allah daripada aku.”

Memasuki langit ketujuh, Rasulullah saw berjumpa Nabi Ibrahim a.s. sedang duduk di atas kursi yang terbuat dari emas di sisi pintu surga sambil menyandarkan punggungnya pada Baitul Makmur, dan disekitarnya berkumpul umatnya. Rasulullah saw bersalam dan dijawab dengan salam dan doa serta sambutan yang baik, serta sebuah pesan, “Perintahkanlah umatmu untuk banyak menanam tanaman syurga, sungguh tanah syurga sangat baik dan sangat luas.” Rasulullah saw bertanya, “Apakah tanaman surga itu?” Nabi Ibrahim a.s. menjawab, “(Subhanallah walhamdulillah, wa la ilaha illallah allahu akbar) Laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim.”

Kemudian Rasulullah saw diangkat hingga ke Sidratul Muntaha, sebuah pohon teramat besar sehingga seorang penunggang kuda yang cepat tidak akan mampu untuk mengelilingi bayangan di bawahnya sekalipun memakan waktu 70 tahun. Dari bawahnya memancar sungai air yang tidak berubah bau, rasa, dan warna, sungai susu yang putih bersih serta sungai madu yang jernih. Penuh dengan hiasan permata zamrud sehingga tidak seorangpun mampu melukiskan keindahannya.

Rasulullah saw dihadapkan pada telaga Al-Kautsar, telaga khusus milik Rasulullah saw. Setelah itu, Rasulullah saw memasuki syurga dan melihat berbagai macam kenikmatan yang belum pernah dipandang mata, didengar telinga, dan terlintas dalam hati setiap insan.

Begitu pula dinampakkan kepada Rasulullah saw neraka yang dijaga oleh malaikat Malik, malaikat yang tidak pernah tersenyum sedikitpun dan nampak kemurkaan di wajahnya.

Diriwayatkan, setelah Rasulullah saw melihat syurga dan neraka, Allah kembali mengangkat beliau ke Sidratul Muntaha. Pada saat inilah Jibril a.s. mundur dan membiarkan Rasulullah saw berjalan seorang diri untuk berjumpa dengan Sang Khaliq. Rasulullah saw berjalan menuju tempat yang tidak seorang makhlukpun diizinkan berdiri disana, tempat yang tidak seorangpun makhluk mampu mencapainya, beliau melihatNya dengan mata beliau yang mulia dan bersujud di hadapan Allah.

Allah berfirman, “Wahai Muhammad.” “Labbaik wahai Rabbku,” sabda beliau. “Mintalah sesuka hatimu,” firmanNya.Nabi bersabda, “Ya Allah, Engkau telah menjadikan Ibrahim sebagai Khalil (kawan dekat), Engkau mengajak bicara Musa, Engkau berikan Dawud kerajaan dan kekuasaan yang besar, Engkau berikan Sulaiman kerajaan agung lalu ditundukkan kepadanya jin, manusia, dan syaitan serta angin, Engkau ajarkan Isa at Taurat dan Injil dan Engkau jadikan dia dapat mengobati orang yang buta dan sakit serta menghidupkan orang yang mati.”

Allah berfirman, “Sungguh Aku telah menjadikanmu sebagai kekasihKu.” Diriwayatkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Kemudian Allah mewajibkan kepadaku (dan umat) 50 solat sehari semalam, lalu aku turun kepada Musa (di langit ke enam), lalu dia bertanya, “Apa yang telah Allah wajibkan kepada umat anda?” Nabi Muhammad saw menjawab, “50 solat.”

Nabi Musa a.s. berkata, “Kembalilah kepada Rabbmu dan mintalah keringanan sebab umatmu tidak akan mampu untuk melakukannya.” Maka Nabi Muhammad saw kembali kepada Allah agar diringankan untuk umatnya, lalu diringankan menjadi 45 solat.

Di langit keenam, Nabi Musa kembali berkata, “Sungguh umatmu tidak akan mampu melakukannya, maka mintalah sekali lagi keringanan kepada Allah.” Maka Nabi Muhammad saw kembali lagi kepada Allah, dan demikianlah terus aku kembali kepada Musa dan kepada Allah sampai akhirnya Allah berfirman, “Wahai Muhammad, itu adalah kewajipan 5 solat sehari semalam, setiap satu solat seperti dilipatgandakan menjadi 10, maka jadilah 50 solat.”

Nabi Musa a.s. tetap berkata, “Kembalilah kepada Rabbmu agar minta keringanan” Maka Rasulullah saw berkata kepada Nabi Musa a.s. “Aku telah berkali-kali kembali kepadaNya sampai aku malu kepadaNya.” Maka Rasulullah saw secara langsung telah menerima perintah solat, dan beliau turun sampai akhirnya menaiki buraq kembali ke kota Makkah al Mukarramah sebelum fajar.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: