CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

11 Agu 2015

Nasehat Imam Ghazali



Imam Abu Hamid Al Ghazali :

"keyakinan Anda bahwa Anda lebih baik daripada yang lain adalah kebodohan belaka. Sebaliknya Anda tidak seharusnya melihat siapa pun tanpa mempertimbangkan bahwa ia lebih baik dari Anda dan mengungguli Anda.

Jadi, jika Anda melihat seorang anak, Anda akan mengatakan, 'Anak ini tidak pernah berbuat dosa terhadap Allah, tapi aku telah berdosa, jadi dia lebih baik daripada ku'

Dan jika Anda melihat orang yang lebih tua, Anda mengatakan, 'Orang ini telah menjadi seorang hamba Allah lebih lama dariku dan tentu saja lebih baik daripada Ku'

Jika dia adalah seorang ulama, Anda mengatakan, 'Orang ini telah diberikan apa yang belum diberikan padaku dan mencapai apa yang belum kucapai, dan tahu apa yang belum kuketahui; lalu bagaimana aku akan menjadi seperti dia? '

Dan jika bertemu seorang bodoh dan pendosa, Anda akan mengatakan, 'Orang ini telah berdosa kepada Allah dalam kebodohan, dan aku telah berdosa melawan Allah dengan sadar, sehingga hukuman Allah terhadap ku lebih kuat, dan aku tidak tahu apa akhir Yang ditulis Allah buatku dan apa akhir kepadanya. "

Jika dia seorang kafir, Anda katakan, "Aku tidak tahu; mungkin suatu hari ia akan menjadi seorang Muslim dan hidupnya akan berakhir berbuat baik, dan karena penerimaannya pada Islam dosa-dosanya akan dihapus, ; tapi bagi ku - mungkin Tuhan akan menuntunku tersesat sehingga aku menjadi kafir dan hidup ku berakhir melakukan kejahatan,(tsumma naudzubillah). "

Kesombongan tidak akan meninggalkan hatimu kecuali jika Anda tahu bahwa orang besar adalah orang yang besar dlm pandangan Allah Yang Mahatinggi. Itu adalah sesuatu yang tidak dapat diketahui sampai akhir hidup, dan jika ada keraguan tentang itu (akhir dan apakah itu akan baik atau buruk).maka biarkan ketakutan menduduki hati Anda dan menjaga Anda dari membuat diri Anda keluar jalur, Keyakinan dan iman saat ini tidak mengecualikan kemungkinan Anda berubah di masa depan; Allah adalah Pengubah dan pembolak balik hati; Ia menuntun siapa yang Dia kehendaki dan menyesatkan siapa yang Dia kehendaki. "
*sumber Bidayah al-Hidaya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: