CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

5 Feb 2014

Muhammad Nabiku Dalam Alkitabmu



Umat Islam sangat yakin bahwa kedatangan Rasulullah Muhammad saw, telah di kabarkan / di nubuatkan oleh Alkitab. Sebab hal ini telah di informasikan dengan jelas oleh Al-Qur'an, yang mana Allah swt telah berfirman :

"Orang-orang yang telah Kami beri Al-Kitab (Yahudi dan Nasrani) SANGAT MENGENAL MUHAMMAD seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri. Sesungguhnya SEBAGIAN MEREKA MENYEMBUNYIKAN KEBENARAN, padahal mereka mengetahuinya."{Q.S.Al-Baqarah:146}

"Dan ingatlah ketika ISA PUTRA MARYAM berkata : Wahai kaum Israel,sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu, yang membenarkan kitab sebelumku yaitu Taurat dan MENYAMPAIKAN KABAR GEMBIRA dengan kedatangan SEORANG RASUL SETELAHKU,yang namanya AHMAD (MUHAMMAD)..."
{Q.S.As-Saff:6}

"Yaitu orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (Muhammad) yang namanya mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil..."
{Q.S.Al-A'raf:157}

Berdasarkan ayat-ayat inilah, kemudian umat Islam terdorong untuk membuktikan kebenaran Firman Allah tersebut, dengan mengecek langsung dalam Alkitab. Dan ternyata, tidak sulit untuk menemukan ayat-ayat Alkitab yang menubuatkan mengenai akan datangnya Nabi Muhammad saw, yang memang bertebaran pada beberapa bagian dalam Alkitab, baik di PERJANJIAN LAMA maupun di PERJANJIAN BARU. Berikut, beberapa di antaranya :

I. ULANGAN 18:18

"SEORANG NABI akan Kubangkitkan bagi mereka dari ANTARA SAUDARA MEREKA, seperti engkau ini, Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka SEGALA YANG KUPERINTAHKAN kepadanya."

Ayat diatas menginformasikan mengenai kedatangan SEORANG NABI, yang dijanjikan Allah kepada umat Yahudi. Dia berasal dari ANTARA SAUDARA MEREKA yakni saudara bangsa Israel. Siapakah saudara Bani (Bangsa) Israel ?Jawabannya sudah pasti adalah BANI ISMAIL / BANGSA ARAB. Hal ini bisa dilihat dari Silsilah dua bangsa besar tersebut, yang mana ISRAEL adalah keturunan ISHAK, sedang ARAB adalah keturunan ISMAEL (ISMAIL,penamaan Islam). Ishak dan Ismail adalah saudara sebapak yaitu ABRAHAM (IBRAHIM,penamaan Islam). Oleh sebab itu, dapat dipastikan yang dimaksud dengan DARI ANTARA SAUDARA MEREKA adalah DARI BANGSA ARAB yang merupakan saudara sebapak BANGSA ISRAEL. Ya, Nabi itu berasal dari bangsa Arab.

Selanjutnya disebutkan pada ayat diatas "dan ia akan mengatakan kepada mereka SEGALA YANG KUPERINTAHKAN kepadanya." Bila ayat ini dimaknai sebagai Nubuat untuk Yesus, maka kesannya terlalu dipaksakan, sebab Yesus telah meninggalkan kaumnya sebelum SELURUH FIRMAN TUHAN disampaikan kepada mereka. Sebagaimana sabda Yesus sendiri : "MASIH BANYAK HAL yang harus kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya."{Yohanes 16:12}

Maka sudah jelas, yang dimaksud oleh ayat ini adalah MUHAMMAD RASUL ALLAH, sebab sebelum wafatnya beliau telah menyampaikan SEGALA FIRMAN ALLAH yang ada padanya, tak tertinggal satu ayat pun hingga firman Allah yang terakhir : "...Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu ,dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu..."{Q.S.Al Maidah :3}

II. ULANGAN 33:2

"Berkatalah ia : Tuhan datang dari SINAI dan terbit kepada mereka dari SEIR, Ia tampak bersinar dari PEGUNUNGAN PARAN dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus, disebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala."

Dalam ayat diatas, Musa menjelaskan mengenai jalur kelanjutan risalah kenabian yang berujung pada akan lahirnya seorang Nabi dari kalangan bangsa Arab. Musa menjelaskan bahwa mulanya Allah menyampaikan wahyu-Nya kepada dia (Musa) diatas bukit SINAI, setelah itu kembali menyampaikan wahyu-Nya kepada Isa Almasih (Yesus) di SEIR (nama bukit Zaitun tempat Yesus menerima Injil dan diangkat sebagai Nabi). Lalu Allah akan menampakkan Sinar-Nya lagi (wahyu) dari PEGUNUNGAN PARAN.

Dimanakah lokasi PEGUNUNGAN PARAN tersebut ? PEGUNUNGAN PARAN adalah nama PEGUNUNGAN YANG MENGELILINGI KOTA MAKKAH, sehingga Makkah biasa juga dikenal dengan nama LEMBAH PARAN. Maka jelas sudah Nabi yang disiratkan dalam ayat ini adalah Nabi yang berasal dari LEMBAH PARAN (MAKKAH), dan siapa lagi orangnya kalau bukan MUHAMMAD BIN ABDULLAH SANG RASUL ALLAH. Paran dalam bahasa Arab adalah Faran (dibaca : Faron) yang artinya adalah dua yang bermigrasi, maksudnya adalah migrasi (perpindahan) yang dilakukan oleh dua orang yaitu Siti Hajar (istri Nabi Ibrahim) dan putranya (yang tatkala itu masih bayi dan masih menyusui) bernama Ismail.

III. Kidung Agung 5:16

(Hebrew) חכו ממתקים וכלו מחמדים זה דודי וזה רעי בנות ירושׁלם׃

(Hebrew With Vowel) חִכֹּו מַֽמְתַקִּים וְכֻלֹּו מַחֲמַדִּים זֶה דֹודִי וְזֶה רֵעִי בְּנֹות יְרוּשָׁלִָֽם׃

(Transliterasi) hikvō mamətaqqîm vəkullvō Mahămadîm zeh dvōdî vəzeh rē‘î bənvōt yərûšālāim:

(KJV Bible) His mouth is most sweet: yea, he is altogether lovely. This is my beloved, and this is my friend, O daughters of Jerusalem.

(Terjemahan Bebas) Teramat manis tutur katanya, ia adalah Mahămadîm. Inilah kekasihku dan sahabatku, O puteri-puteri Yerusalem.

Secara jelas dan nyata, Kidung Agung 5:16 menyebut nama Muhammad yang dalam bahasa Ibrani adalah Mahămad dengan imbuhan “îm” (agung) sehingga Mahamadim artinya adalah Muhammad yang agung.

IV. YOHANES 1:19-25

19. "Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa Imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia : siapakah engkau ?

20. Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya : Aku bukan MESIAS.

21. Lalu mereka bertanya kepadanya : Kalau begitu siapakah engkau ? ELIA ? Dan ia menjawab bukan ! Engkaukah NABI YANG AKAN DATANG ? Dan ia menjawab : Bukan !

22. Maka kata mereka kepadanya : siapakah engkau ? Sebab kami harus memberi jawaban kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri ?

23. Jawabnya : Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun. Luruskanlah jalan Tuhan ! Seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya.

24. Dan diantara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi.

25. Mereka bertanya kepadanya, katanya : Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan MESIAS, bukan ELIA dan bukan NABI YANG AKAN DATANG ?"


Dari ayat-ayat diatas kita memperoleh informasi bahwa ada 3 tokoh yang dinanti-nantikan kedatangannya oleh orang Yahudi, yaitu : MESIAS (YESUS KRISTUS / ISA ALMASIH), ELIA dan seorang NABI YANG AKAN DATANG. Yesus sudah datang ketika itu, hanya mereka (orang Yahudi) belum mengetahuinya (Yohanes 1:30). Elia (Nabi Ilyas) juga sudah datang (Matius 17:12). Lalu siapakah yang dimaksud dengan NABI YANG AKAN DATANG oleh ayat diatas ? Jawabannya Tidak Lain dan Tidak Bukan adalah Junjungan kita NABI MUHAMMAD SAW.

Maha Benar Allah Dengan Segala Firman-Nya


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: