CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

29 Okt 2013

Yang Pertama Kali Mengerjakan Sholat



Nama Kayu Bahtera Nabi Nuh Alaihissalam
Dalam Al-Quran kisah ini dapat dilihat di surat Nuh (71). Nama kayu yang dijadikan bahtera oleh nabi Nuh itu bersama umatnya seperti yang dilangsir oleh www.darulnuman.com bahwa bahtera tersebut bernama kayu Kokka. Kayu ini jugalah yang yang dibuat tongkat oleh Nabi Musa as dan Nabi Sulaiman as. Disebutkan juga bahwa kayu ini memiliki banyak khasiat, antara lain sebagai penawar dan penyembuh penyakit. Kayu ini pula disinyalir sebagai kayu yang paling tinggi mutunya di dunia dari sekian kayu yang ada. Waw…hebat banget!


Yang Pertama Kali Mengerjakan Sholat
Setelah Rasulullah “naik ke langit” akhirnya beliau membawa sebuah wahyu untuk umatnya hingga sampai kepada kita: generasi internet. Tahukah? Betul! Wahyu itu adalah perintah sholat. Tetapi siapa sih sebenarnya yang pertama kali mengerjakan sholat? Berikut ulasannya….

Sholat Subuh

Manusia yang melaksanakan sholat subuh pertama kali adalah Nabi Adam as. Ketika Allah menurunkannya ke dunia (setelah di surga), Adam berada di dunia yang sangat gelap. Ia sangat ketakutan. Lantas, ia berdoa kepada Allah hingga fajar datang. Oleh karena itu, setiap fajar hampir pecah, Adam selalu sholat dua rokaat.

Sholat Zuhur

Nabi Ibrahim as pernah mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih anaknya. Karena saking cintanya kepada Allah, Nabi Ibrahim melaksanakan perintah tersebut. Tetapi Maha Suci Allah dan Maha Pemurah, maka Nabi Ibrahim tidak jadi menyembelih anaknya, Nabi Ismail, sehingga beliau sembahyang sebanyak empat rokaat.


Sholat Ashar

Nabi Yunus as-lah yang pertama kali sholat ashar. Saat itu ia sedang berada di dalam perut ikan Nun. Oleh karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Kuasa maka nabi Yunus dapat keluar dari perut ikan Nun. Lantas dirinya dimuntahkan di pinggir pantai. Bersyukurlah beliau, hingga beliau melakukan sembahyang sebanyak empat rokaat.

Sholat Maghrib

Umat nabi Isa pernah dalam keadaan kejahilan dan kebodohan. Allah telah menyelamatkan Nabi Isa dari kaumnya tersebut. Saat itu adalah terbenamnya matahari, yaitu keadaan maghrib. Bersyukurlah Nabi Isa,kemudian beliau sembahyang sebanyak tiga rokaat.

Sholat Isya

Nabi Musa-lah yang pertama kali sholat isya. Saat itu belaiau sedang tersesat di negeri Madyan. Allah telah memberinya jalan yang benar ketika malam menunjukkan waktu isya. Saat itulah beliau bersyukur dan bersembahyang sebanyak empat rokaat.


Semua artikel ini diambil dari Hidayah edisi 56 Maret 2006 hal. 236-137
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: