CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

4 Sep 2014

Renungan: Pentingnya Memiliki dan Memahami Ilmu Dari Seorang 'Alim..



Pentingnya memiliki dan memahami ilmu dari seorang 'alim..

Syaikh Junaid Baghdadi (rahimahu Llah) tiba di tepi sungai Tigris dan mendapati tak ada tukang perahu untuk nyebrang.. Beliaupun mulai berDzikir "Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah" dan kemudian berjalan di atas air seolah-olah ia berada di tanah yang kokoh dan menyeberangi sungai.

Sebelum menyeberang, seorang pria juga menunggu transportasi untuk pergi ke seberang. Ketika orang itu melihat apa yang dilakukan Syaikh Junaid di berkata: 

Ya Syaikh! Aku juga ingin pergi ke seberang.

Syaikh mengatakan,

Ucapkan "Ya Junaid! Ya Junaid! Dan ikuti saya".

Pria itu menurutinya dan mulai berjalan di atas air.

Saat ia sampai di tengah sungai, syetan membingungkan pikirannya dengan mengatakan. "Siapa yang lebih besar, Allah atau Syekh? Syaikh sendiri mengatakan Ya Allah! Ya Allah! tapi memerintahkan Anda untuk mengatakan Ya Junaid! Ya Junaid !. Ini adalah syirik. Jauhkan dirimu dari ini dan tirulah si Syaikh yang mengatakan Ya Allah, Ya Allah ".

Orang itu terperdaya dan mulai berucap "Ya Allah" Begitu dipanggil nama Allah (subhanahu wa ta'ala), ia mulai tenggelam dan berteriak minta tolong.

Syaikh Junaid (rahimahu Llah) melihat ini dan berteriak kepadanya,

Katakanlah Ya Junaid, Ya Junaid, seperti yang saya perintahkan Anda untuk melakukan!

Pria itu kembali melakukannya dan merasakan air di bawah kakinya kembali berubah sekeras tanah lagi. Dia menyeberang ke tempat yang aman.

Ketika sampai di seberang ia bertanya pada Syaikh Junaid

Wahai Syekh! Aku tidak bisa memahami keadaan ini, Anda mengatakan 'Ya Allah Ya Allah' dan menyeberang dengan aman. Tapi ketika saya mengikuti menyebut nama Allah (Subhanahu wa ta'ala) Kenapa justru saya mulai tenggelam?

Waliyullah (rahimahu Llah) menjawab,:

Ah Sok tau anda!! Sama seorang Junaid saja anda belum kenal dan tidak mengerti maksudnya, tapi sudah memiliki impian mengenal dan mengerti Allah (subhanahu wa ta'ala)???


dikutip dari FB Habib Adeng Fadaq
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: