CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

10 Sep 2014

Toleransi Dalam Islam!



" Kebenaran dan kebesaran Islam tergambar jelas dalam sikap Rasulullah (S.A.W.W) sebagai Rahmat bagi Seluruh Alam "

Beliau mengayomi masyarakat dari berbagai macam -etnis dan bermacam macam-budaya. Ada semua jenis orang: Persia, Romawi, Afrika, Arab dari berbagai suku dan ia membawa mereka ke dalam persaudaraan yang penuh rahmat. Juga ada orang-orang Yahudi dan Kristen dan dia menghormati mereka, dan berbicara kepada mereka dengan ramah. Dia bukan orang yang keras, dia adalah orang yang lembut. Dia menciptakan masyarakat terbuka dan harmoni..

agama kita menghormati semua orang dan memperlakukan mereka dengan akhlak baik dan bermartabat. 

«أَلَا مَنْ ظَلَمَ مُعَاهِدًا، أَوِ انْتَقَصَهُ، أَوْ كَلَّفَهُ فَوْقَ طَاقَتِهِ، أَوْ أَخَذَ مِنْهُ شَيْئًا بِغَيْرِ طِيبِ نَفْسٍ، فَأَنَا حَجِيجُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ»
“Barangsiapa yang melakukan kezaliman terhadap orang bukan Islam, atau mengurangkan haknya, atau membebankan kepadanya di luar batas kemampuannya, atau mengambil sesuatu darinya dengan cara yang tidak baik, maka aku akan menjadi penuntut pada hari pembalasan kelak ”
[Sunan Abu Dawud, tafsir al-Abadi `Awn al-Ma`būd]

Juga diriwayatkan dalam al-Baihaqi, Sunan al-Kubra menambahkan:
«وَأَشَارَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأُصْبُعِهِ إِلَى صَدْرِهِ: أَلَا وَمَنْ قَتَلَ مُعَاهَدًا لَهُ ذِمَّةُ اللهِ وَذِمَّةُ رَسُولِهِ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ رِيحَ الْجَنَّةِ , وَإِنَّ رِيحَهَا لَتُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ سَبْعِينَ خَرِيفًا»
Dan Rasulullah shallallahu alaihi wa alaa aalihi wasallam menunjuk dadanya sendiri sambil berkata :
Dan siapa saja yang membunuh orang non muslim (yang sudah tercatat dalam perjanjian perdamaian), dimana secara jelas bahwa mereka (non muslim) sudah termasuk dalam perlindungan Allah dan perlindungan Rasulullah, orang tersebut (si pembunuh) Akan dilarang mencium wangi surga, bahkan Sesungguhnya, mereka akan menemukan diri mereka berada pada jarak tujuh puluh tahun perjalanan dari aroma surga! 

Dikutip dari FB Habib Adeng Fadaq
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: