CintaNya kepadaku jauh lebih dulu ada, dibandingkan cintaku kepadaNya, dan Dia sudah menemukanku, sebelum aku mencariNya (Abu Yazid Al-Bustami qs)

4 Sep 2014

Umm as-Sa'ad Muhammad ‘Ali Najm, Pengajar Hafiz dari Mesir



Wanita dalam gambar adalah Umm as-Sa'ad Muhammad ‘Ali Najm, Dia lahir thn 1925 dan menghafal Al Qur'an pada usia 15.
Pada usia 25 ia memiliki rantai bacaan (Ijazah/sanad) kepada Nabi shallAllahu alaihi wa alaa aalihi wassalam dalam 10 cara qiraat (‘Aasim, Naafi‘, Abu ‘Amr, Hamzah, Ibn Katheer, Al-Kisaa'i, Ibn ‘Aamir, Abu Ja‘far, Ya‘qoob, and Khalaf), 
Beliau adalah titik terpenting dalam pendidikan bacaan Quran di Mesir dan Alexandria pada khususnya.

Sejak tahun 1950 ia telah mengajar dan dan memberi ijazah pada lebih dari 100.000 siswa penghafal Qur'an
Dari Abdulbasit abdulSamad ke Mishary al-Afaasi ... semua telah belajar membaca Quran padanya
Beliau bisa mendengarkan lima siswa membaca padanya Qira'at yg berbeda, semua pada waktu yang sama, dan mampu menangkap sekecil apapun kesalahan siswanya.

Umm as-Sa'ad menikah dengan salah satu muridnya, Dan meski hampir 50thn menikah ia tak dikaruniai anak, Dia mengatakan, "Allah melarangku untuk sibuk mengurus dan bertanggungjawab atas anak sendiri, sehingga saya bisa mengajarkan Firman-Nya kepada anak-anak orang lain.
Dia juga mengatakan 
تقول الشيخة أم السعد

"أشعر أنني أحفظ القرآن كاسمي تمامًا ..لا أتخيل أن أنسى منه حرفًا أو أخطئ فيه.. فأنا لا أعرف أي شيء آخر

غير القرآن والقراءات.. لم أدرس علمًا أو أسمع درسًا أو أحفظ شيئًا غير القرآن الكريم ومتونه في علوم القراءات

"Aku merasa bahwa ingatan hafalan Quran ku sudah komplit seperti ingatan mengenal nama ku sendiri,Tak bisa kubayangkan bahwa aku bisa melupakan satu huruf dari itu atau bahkan membuat satu kesalahan dalam membaca nya. Aku tidak tahu apa-apa lagi dalam hidup seperti pengetahuanku tentang Quran dan cara membacanya, aku tidak memahami ilmu lainnya atau cara mengajar lainnya selain membaca Quran".
Semoga Allah merahmatinya, sekitar dua tahun lalu Allah memanggilnya dalam usia hampir 90 tahun. Semoga Allah menerima semua amalannya untuk jasanya kepada Quran.

Ya Allah, tinggikanlah tingkatnya di Jannah untuk setiap ayat yang ia bacakan & untuk setiap ayat yang dibacakan oleh mereka yang ia ajarkan!

اللَّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ على جَامِعِ المحَامِد مَنْ بِهِ تُفَرَّجُ الكُروبُ و تُكْشَفُ الشَّدائِد سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ و

على آلِهِ و صَحْبِهِ يا حَيُّ يا قَيُّومُ يا واحِد


dikutip dari FB Habib Adeng Fadaq
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: